Kamis, 24 November 2011

TUGAS PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET

I. Analisis dan Perbandingan Website Perorangan, Pemerintahan, Perusahaan

  • Perorangan

1. Website Raditya Dika http://radityadika.com

Sesuai dengan karakter dari Raditya Dhika yang lucu dan unik, website miliknya juga cenderung unik. Isi dari website tersebut ditulis dengan kalimat-kalimat santai, ringan dan mengundang tawa. Profesinya sebagai penulis juga membuat website ini diisi dengan resensi-resensi dari buku yang telah ditulisnya, dan juga buka yang baru akan diterbitkannya. Website ini sedikit banyak mewakili karakternya yang lucu, dan membuat pembaca betah berlama-lama membaaca isi dari websitenya.

2. Website Andrea Hirata http://andrea-hirata.com/

Saat pertama kali membuka websitenya memang terlihat menarik, namun setelah beberapa lama, website ini terlihat statis. Isi tulisan dari website ini sesuai juga dengan profesinya sebagai penulis, beberapa resensi buku yang telah berhasil diterbitkannya pun turut di tampilkan dalam website ini. Berbeda denga gaya bahasa Raditya Dika yang cenderung lucu, dalam websitenya ini Andrea menggunakan bahasa yang lebih puitis. Agenda yang diberikan juga terlihat lengkap sehingga memudahkan pembaca mengetahui kegiatan atau acara terkini dari seorang Andrea Hirata.

  • Pemerintahan

1. Website Kemenpora http://www.kemenpora.go.id/

Website ini cukup menarik. Sesuai dengan kapasitasnya yakni pemuda dan olahraga disini juga dimuat hal-hal terbaru mengenai dunia olahraga di tanah air, terdapat pula gambar-gambar yang mencerminkan semangat dari pemuda-pemuda Indonesia. Namun demikian, meski kemenpora itu menangani mengenai pemuda dan olah raga website ini tidak terkesan santai, dan justru sangat formil serta terkesan kaku karena bahasannya yang begitu resmi. Hal ini dapat dikarenakan dari kemenpora itu sendiri merupakan instansi resmi dan formil. Keseluruhan dari website ini dapat dikatakan menarik.

2. Website Menkokesra http://www.menkokesra.go.id/

Tampilan awal dari website ini terlihat menarik. Terdapat gambar garuda yang jika pembaca melihatnya akan mengartikan bahwa ini memang website instansi pemerintahan RI. Banyak menggunakan warna merah dan putih seperti bendera Indonesia. Info-info yang diberikan juga update sehingga pembaca setia website ini tidak ketinggalan berita terbaru. Terdapat juga hotline yang bisa dihubungi untuk pemberian kesan dan saran dan tentu saja itu menjadi nilai positif tersendiri bagi para pembacanya.

  • Perusahaan

1. Website Indosat http://www.indosat.com/

Website ini sangat menarik. Tampilan awalnya mungkin terlihat sederhana, namun setelah dicoba untuk meng “klik” beberapa item yang disajikan hal menarik dari website ini akan terlihat. Isi dari website ini cukup banyak menjawab pertanyaan dari pengguna indosat yang membutuhkan informasi mengenai produk yang digunakannya tersebut. Sesuai dengan background produknya yang berupa sarana telekomunikasi website terkesan lebih canggih, modern, dan pembaca dapat lebih merasa senang dalam mengeksplornya. Meski menggunakan bahasa yang baku, namun website ini tidak terkesan kaku. Hal ini dapat dikarenakan dari banyaknya kalimat-kalimat ajakan untuk pembaca agar menggunakan produk ini, dan dari bahasanya tersebut secara tidak lagsung dapat mensugesti pembaca untuk menggunakan produk ini.

2. Website Indofood http://www.indofood.com/

Tampilan awalnya begitu menarik, memprlihatkan beberapa produknya, pendistribusiannya, bahan-bahan mentah dari produknya, sehingga memperlihatkan bahwa produk-produk dari corporate ini memang bermutu tinggi dan dibuat serta di distribusikan dengan kualitas yang tinggi. Info yang diberikan pun lengkap sehingga memudahkan pembaca dalam mencari informasi.

II. Analisis Perbandingan Fasilitas Internet Email, Instant Massaging, Social Network

  • Email Gmail VS Yahoo

Aspek

Email

G-Mail

Yahoo

Pengguna

G-mail maupun Yahoo mempunyai pengguna setianya masing-masing. Namun sebaliknya dari yahoo, g-mail tidak sepopuler yahoo bagi masyarakat awam, sehingga terkesan hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki akun ini.

baik Yahoo maupun G-mail mempunyai pengguna setianya masing-masing. Namun mungkin karena nama lebig familiar dikalangan masyarakak awam, jadi terkesan kalo penggunanya lebih banyak.

Tingkat Kepuasaan Pengguna

Kepuasaan pengguna tergantung dari masing-masing pengguna itu sendiri, karena jika kembali pada pengertian awal dari kepuasan itu ialah mendapatkan yang lebih dari harapan, maka kepuasan itu tergantung pada seberapa kebutuhan atau harapan pengguna dari akun tersebut dapat terpenuhi atau tidak.

Kepuasaan pengguna tergantung dari masing-masing pengguna itu sendiri, karena jika kembali pada pengertian awal dari kepuasan itu ialah mendapatkan yang lebih dari harapan, maka kepuasan itu tergantung pada seberapa kebutuhan atau harapan pengguna dari akun tersebut dapat terpenuhi atau tidak.


· Social Network FB VC G-Plus

Aspek

Social Network

FB

G-Plus

Membooming

Fb kelihatannya terlihat lebih membooming dibandingkan G-plus. Hal ini berkaitan dengan banyaknya pengguna Fb, mulai dari kalangan anak-anak (yang sebenarnya belum boleh memiliki akun ini menuru peraturan), remaja, dewasa, bahkan usia lanjut. Karena lebih memboomingnya SN ini membuat penilaian tersendiri di masyarakat bahwa jika tidak memiliki akun ini tidak up to date, ketinggalan jaman, dsb, dan ini mempengaruhi banyaknya jumlah pengguna FB.

Sebaliknya dengan Fb, G-plus tidak begitu membooming selayaknya Fb, meski demikian G-plus memiliki penggunanya sendiri yang menurutnya fasilitas dan fitur yang diberikan oleh G-plus lebih baik.

· Instant Massaging

Aspek

Instant Massaging

YM

G-plus

Pengguna

YM telah familiar di masyarakat sejak lama. Dari hal ini kemungkinan jumlah penggunanya banyak. Fitur yang diberikan pun menarik dan dapat mempersingkat jarak komunikasi antar penggunanya.

Meski G-plus juga tak kalah menarik dari YM, namun kurang familiarnya dikalangan masyarakat umum, membuat kurangnya masyarakat yang menggunakan IM ini, dan kembali lagi, hanya orang-orang tertentu yang lebih tertarik menggunakan IM ini.

III. Aspek Psikologis Internet Pro-Kontra

1. Pro

Fasilitas internet jika dilihat dan dimanfaatkan secara positif jelas dapat memberikan banyak manfaat lebih. Jelas saja, dengan fasilitas internet kita dapat mengetahui banyak hal tentang dunia yang belum pernah kita kunjungi, kita ketahui, sebelumnya. Fasilias internet pun dapat mempersingkat jarak antar penggunanya, kita dapat menggunakan fasilitas yang ada agar komunikasi dengan orang yang bahkan terpisah benua dengan kita dapat terasa dekat. Selain itu kita juga dapat mendapat banyak pengetahuan, dan info-info terbaru dari dunia.

2. Kontra

Banyaknya kasus-kasus kejahatan yang disebabkan dari penyalah gunaan fasilitas internet membuat sebagian kalangan menyatakan ketidak sukaannya, dan ketidakproannya pada internet. Menjadi addicted dengan internet ialah salah satu dampak negatifnya yang dapat berimbas dengan makin minimnya hubungan sosial individu dengan individu lain di dunia nyata, karena mereka lebih suka dan tertarik serta telah menjadi kecanduan dengan dunia maya. Selain itu tanpa adanya pengawasan dari orang tua juga dapat menyebabkan anak membuka situs-situs yang tidak baik yang tentu saja dapat merusak moral generasi muda.