Minggu, 20 Desember 2009

Cyber Bully ????

Bullying atau penindasan memang tidak hanya terjadi di dunia nyata. Internet sebagai salah satu sarana komunikasi yang bebas diakses semua orangpun kerap disalahgunakan untuk melakukuan tindakan bullying. Sering mendapat e-mail yang sifatnya mengejek atau komentar-komentar buruk tentang kamu di jejaring sosial seperti facebook, friendster, dan sebagainya jelas merupakan fakta bahwa kamu sudah menjadi korban bully. Jika keadaan seperti itu terus berlanjut, bahkan dengan frekuensi yang makin intens tentu hal itu akan membawa efek buruk untukmu, seperti menjadi parno atau merasa ketakutan tiap kali mengecek e-mail, menjadi depresi karena merasa diteror oleh pelaku yang tidak jelas kamu ketahui, atau bahkan membuat kamu menarik diri dari pergaulan dunia maya.

Dari pada efek bullying itu sampai menimpa kamu, lebih baik mencoba lakukan tips di bawah ini saat ada indikasi dari pihak lain yang coba mem-bully kamu :
• Delete profil si bully dan blokir dia dari daftar teman-teman profilmu.
• Saat mendapat e-mail atau komentar bernada bully, coba tenanglah dan jangan mudah terbawa emosi.
• Jangan tanggapi, karena dia juga pasti akan merasa bosan dan berhenti sendiri karena tidak mendapat respon dari kamu.
• Sebaiknya simpan semua bentuk cyber bully yang kamu alami, sebagai bukti jika kamu ingin meminta pertolongan karena kasus ini.

Jadi untuk kamu semua, lebih berhati-hatilah agar tidak menjadi korban bully.








Sumber : Girlfriend Indonesia edisi Februari 2009

1 komentar: