Rabu, 16 Desember 2009

NOMOPHOBIA

Tidak bisa hidup sehari saja tanpa hp? Panik jika anda tak menemukan dimana hp anda, low bat. Cobalah hati-hati karena mungkin anda mengidap Nomophobia! Fobia yang satu ini sebenarnya kependekan dari “No-Mobile-Phone-Phobia”. Seseorang dikatakan memiliki Nomophobia jika dia selalu merasa resah atau takut berlebihan dengan kondisi tanpa hp. Misalnya saja jika hp-nya tertinggal, low bat, tanpa pulsa, atau bahkan tidak mendapat sinyal. Apakah anda termasuk dari beberapa kriteria diatas????

Seiring berkembangnya teknologi, kecenderungan kita akan hp jelas semakin meningkat. Hp yang kita punya jelas dapat memberi akse 24 jam nonstop untuk sesalu berhubungan dengan dunia luar dengan berbagai cara, SMS, MMS, Video Call, dan panggilan suara. Lewat hp anda dapat terus update kabar terbaru dari teman dan sanak saudara. Belum lagi kalau kita sedang membahas tentang jokes yang di forward teman, atau mungkin MMS cute kiriman pacar pasti akan membuat kita makin cinta dengan hp kita. Namun bagaimanapun juga namanya fobia tentu tidak saja itu tidak sehat. Hp itu jelas diciptakan untuk membantu kita, memudahkan kita menjalani beberapa hal, jadi jangan sampai kita berlebihan tergantung dengan hp kita. Sebaiknya mulailah anda untuk mengontrol gadget yang dimiliki.

Berikut beberapa alasan mengapa anda harus dapat menstop rasa ketergantungan berlebih terhadap hp :
• Anti Boros
Coba bayangkan berapa banyak rupiah yang anda keluarkan untuk mengisi pulsa tiap bulannya. Lantas bayangkan apa yang dapat anda beli dengan uang itu. Ingat banyak hal yang lebih bermanfaat yang bisa anda dapat dari uang itu.
• Cegah Kecelakaan
Riset menunjukkan, orang beresiko 4 kali lebih besar mengalami kecelakaan lalu lintas jika menyetir mobil sambil menelepon atau membaca dan mengetik SMS, karena fokus anda jadi tidak 100% lagi kejalanan di depan anda. Tidak ingin kan hal itu terjadi pada anda?
• Tahu Sopan Santun
Apa rasanya dicap sebagai orang yang tidak sopan karena lama mengangkat telpon dan mengacuhkan orang yang sedang berbicara disebelah anda? Tidak enak kan?
• Dah Kantung Mata
Sering terjaga hingga tengah malam untuk menelpon teman atau pacar anda, dan terbangun esok pagi dengan mata seperti panda (karena kantung mata yang muncul), pasti akan mengganggu penampilan anda kan.





Sumber : Seventeen Indonesia, edisi Juli 2009

2 komentar:

  1. ihhh saik banged ney klo ada orang yang kya gini...

    gw kyana gak gini2 banged...

    BalasHapus
  2. yakiiiinn gag gtu???
    trus klo sms'an smbil bwa mtor tuh elu bangeeed bukan iah?

    BalasHapus